Tuesday, December 29, 2015


Pada dasarnya untuk mengetahui daya watt sebuah power ampli adalah dengan menggunakan rumus berikut :

 RUMUS DASAR

P = (VRMS^2) / R

(VRMS KUADRAT DIBAGI R) ATAU (VPEAK^2) / 2R

Untuk amplifier ideal VPEAK = POWER SUPPLY


Tetapi untuk orang awam yang tidak dapat mengetahui secara detail berapa tegangan yang dihasilkan dari trafo. maka cara gampang (untuk pemula  ) untuk mengetahui besar watt yang di hasilkan oleh sebuah power ampli adalah sebagai berikut :

Hitung saja Transistor final nya. , misal sebuah amplifier mono menggunakan 2 pasang Transistor sanken maka daya yang dihasilkan  400Watt dimana tiap pasang Transistor Sanken mampu menghasilkan daya sekitar 200Watt dan Transistor Jengkol Malaysia 100Watt. 

 
Berikut Contohnya :

Power EA 1100 watt


Transistor terletak di sebelah kanan, ada 5 pasang (10Buah)

Maka dari gambar diatas, dapat di simpulkan bahwa besar power yang di hasilkan adalah. 5 X 400  = Rp. 1000 Watt  Per Channel. dan total power yang di hasilkan adalah 2000 Watt.

tetapi untuk catatatan, cara diatas tidak lah mutlak. hanya perkiraan saja, karena.

Power amplifier bisa benar-benar menghasilkan daya 400Watt jika daya power supply tercukupi paling tidak daya sama atau lebih. dan dalam pembuatan power amplifier yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah mengetahui daya beban yang akan disupply dalam hal ini adalah daya speaker, setelah diketahui maka akan mudah dalam menentukan daya power amplifier, sama halnya dengan power supply daya power ampplifier harus mencukupi paling tidak sama atau lebih dengan daya speaker.
promo

Promo!!!

Anda Memiliki Usaha Jasa di medan?, Ingin Mempunyai Website Seperti ini?, Kami Kan Membantu anda Membuat Website Seperti Ini Dengan Themes Yang Sama. Sehingga Anda Dapat Mempromosikan Usaha Anda. Income pun bertambah, Silahkan Hubungi kami di Nomor 08567-61-3002

1 comment:

  1. Ass...
    Mau tanya mas...
    Berapa kira2 watt ampli dengan..
    Trafo toroid 25v ct 25v..
    Elco 3300uf, 50v, 4 buah..
    Tr final toshiba K2601, 2 pasang, datasheetx 125 watt..

    ReplyDelete

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *