Friday, February 19, 2016






Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih microphone untuk keperluan sound system komersial lapangan, atau pun untuk di dalam ruangan (indor) bahkan untung karoke, yang mudah-mudahan sedikit membantu bagi anda yang saat ini memutuskan membeli barang tersebut.



Perlu anda ketahui bahwa anda ada beberapa type mic atau microphone, yaitu :

1.Microphone Vocal


A. MIC DYNAMIC

Microphone ini wajib anda memilikinya karena sangat dibutuhkan untuk Vocalis (Penyanyi),Narator,Pidato,Ceramah dan lain-lain,baik yang dynamic ataupun wireless microphone yang tentu dalam pemilihannya disesuaikan dengan selera dan BUDGET yang anda miliki.

Banyak dipasaran microphone untuk kegunaan ini,baik yang lokal maupun yang bermerek akan tetapi satu hal yang wajib anda cermati terutama jenis dynamic microphone yaitu pilihlah type MICROPHONE UNI-DIRECTIONAL MIC (Menangkap suara dari arah depan saja) dengan polar patern SUPERCARDIOID atau HYPERCARDIOID (Bisa dilihat di Box/dus atau leher Microphone tersebut).


B. MIC CONDENSOR

Microphone  ini biasanya di gunakan untuk rekaman ataupun untuk menangkap suara pada paduan suara. dimana mic tidak sangat berbeda dengan mic dynamic, mic ini membutuhkan power dc 48volt untuk dapat berkerja, dan biasa di mixer sudah ada fitur untuk mengeluarkan tegangan dc tersebut.


Hal umum bila anda membeli suatu barang yaitu meminta kepada toko langganan anda untuk mencoba sambil memeriksa kelengkapannya apalagi bila pilihan anda jatuh pada microphone lokal,dibutuhkan cara tersendiri dalam memilih dan mencobanya,seperti :

- Sebelum memutuskan membeli microphone lokal,mintalah lebih dari satu microphone untuk dicoba.
- Aturlah gain (Volume) alat tes secukupnya kecuali bass,treble setengahnya atau plate,silahkan coba beberapa microphone yang anda pilih satu per satu dengan catatan gain (Volume)alat test tidak dirubah untuk semua microphone yang anda coba.
- Pilihlah microphone dengan kebeningan/artikulasi suara terbaik (fidelity).

Hal yang mudah bila pilihan anda jatuh kepada merek microphone terkenal seperti SHURE dan AKG atau yang lainnya karena selain banyak referensi yang telah mempergunakannya juga sudah dikelompokan menurut kebutuhannya,seperti :


2.Instrument Microphone

Microphone ini dibutuhkan untuk keperluan terutama alat musik akustik atau perkusi seperti perlengkapan drum,alat tiup,gendang,gamelan dan lain-lain dan biasanya type microphone ini berjenis BIDIRECTIONAL (Menangkap suara dari arah depan dan belakang microphone) atau mempergunakan jenis OMNYDIRECTIONAL (Menangkap suara dari semua arah microphone).

Dalam hal ini dibutuhkan pemahaman dari jenis suara yang dihasilkan alat musik tersebut contohnya untuk suara bass biasanya microphone dengan frekuensi rata-rata 20 hz-17 khz atau sensitivity 1,8 mV/Pa(-75 dBv),sedangkan suara middle to hight dengan frekuensi rata-rata 75 hz-20 khz atau sensitivity 4 mV/Pa (-48 dBV),tentu akurasi nilai ini tergantung dari merek microphone tersebut.

Dan kembali kesemuanya tergantung pilihan anda,bila anda jeli dan teliti banyak produk microphone lokal dengan harga murah bisa dipergunakan untuk keperluan diatas,dengan catatan anda harus sabar dalam memilih dan carilah toko alat musik yang mengerti keinginan anda (kooperatif) juga berani trial dan error di lapangan,namun sangatlah mudah bila pilihan jatuh kepada beberapa merek terkenal karena microphone sudah dikelompokan sesuai kebutuhannya.



Note :

- Biasanya Mic yang bagus itu menggunakan frekuensi UHF
- Biasanya mic yang bagus iu menggunakan battry bulat, bukan batry petak (9volt)
- Biasanya Mic yang bagus itu agak berat ketika di gengam.

Penutup

Saya rasa ini hanyalah sebuah ide dari saya untuk mempermudah anda dalam memilih Microphone yang bagus untuk sound system anda di rumah.

SILAHKAN SEBARKAN / BAGIKAN
promo

Promo!!!

Anda Memiliki Usaha Jasa di medan?, Ingin Mempunyai Website Seperti ini?, Kami Kan Membantu anda Membuat Website Seperti Ini Dengan Themes Yang Sama. Sehingga Anda Dapat Mempromosikan Usaha Anda. Income pun bertambah, Silahkan Hubungi kami di Nomor 08567-61-3002

0 comments

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *